Apakah Samson adalah seorang Nabi?

Dari Abi Zar ra, bahwa Rasulullah SAW bersabda ketika ditanya tentang jumlah para nabi, “Jumlah para nabi itu adalah 124.000 nabi.” “Lalu berapa jumlah Rasul di antara mereka?” Beliau menjawab, “312.” (H.R Turmudzi) Samson atau Simson, merupakan seorang nabi di dalam ajaran islam yang dikenal dengan nama Nabi Sam’un Ghozi AS.

Kisah nabi ini, terdapat di dalam kitab Muqasyafatul Qulub & kitab Qishashul Anbiyaa. Nabi Sam’un Ghozi AS memiliki kemukjizatan, yaitu dapat melunakkan besi & dapat merobohkan istana.



Lalu apakah Apakah Samson adalah seorang Nabi?
Diceritakan bahwa Rasulullah berkumpul bersama para sahabat dibulan Suci Ramadhan. Kemudian Rasulullah bercerita tentang seorang Nabi bernama Sam’un Ghozi AS, beliau adalah Nabi dari Bani Israil yang diutus di tanah Romawi. Nabi Sam’un Ghozi AS berperang melawan bangsa yang menentang Ketuhanan Allah SWT.

Ketangguhan & keperkasaan Nabi Sam’un dipergunakan untuk menentang penguasa kaum kafirin saat itu, yakni raja Israil. Sehingga akhirnya atas nasehat para penasehat raja Israil diumumkanlah, barang siapa yang dapat menangkap Sam’un Ghozi, akan mendapat hadiah emas & permata yang berlimpah.

Nabi Sam’un terpedaya oleh isterinya. Nabi Sam’un berkata kepada isterinya, “Jika kau ingin mendapatkanku dalam keadaan tak berdaya, maka ikatlah aku dengan potongan rambutku.” Akhirnya Nabi Sam’um Ghozi AS diikat oleh istrinya saat ia tertidur, lalu dia dibawa ke hadapan sang raja.

Beliau disiksa dengan dibutakan kedua matanya & diikat serta dipertontonkan di istana raja. Nabi Sam’un Ghozi berdoa & bertaubat kepada Allah SWT. Akhirnya istana raja bersama seluruh masyarakatnya hancur beserta isteri & para kerabat yang mengkhianatinya. Kemudian nabi bersumpah kepada Allah SWT, akan menebus semua dosa-dosanya dengan berjuang menumpas semua kebathilan & kekufuran yang lamanya 1000 bulan tanpa henti.

Dan inilah cikal bakal lahirnya dimana di bulan Ramadhan terdapat bulan yang lebih baik daripada 1000 bulan, hal ini disampaikan oleh Rasulullah kepada para sahabat melalui Malaikat Jibril saat itu. 


sumber: http://blackfiles.mywapblog.com

No comments:

YANG POPULER

Powered by Blogger.