Perut bawah sering nyeri dan kencang saat hamil jelang 7 bulan

Saat usia kandungan menginjak umur 7 bulan,terkadang bunda merasakan perut terasa kencang,kaku dan agak nyeri.Mungkin bunda mengalami kontraksi Braxton Hicks atau biasa disebut kontraksi palsu.

Braxton Hicks biasanya tidak begitu terasa sakit dan mirip dengan kram menstruasi. Kontraksi ini terjadi sewaktu rahim Bunda mengencang lalu mengendor lagi dan terjadinya tidak beraturan. Menjelang akhir kehamilan Bunda, kontraksi ini terasa sedikit lebih sakit, terutama bila bayi Bunda sedang berubah posisi dengan kepala dibawah.

Bunda akan paham bahwa janin Bunda adalah sesuatu yang nyata karena kontraksinya menjadi semakin sering frekuensinya dan berlangsung lebih lama.


Sebaliknya, Braxton Hicks menghilang dan polanya tidak beraturan. Ingat, jika Bunda ragu, konsultasikan pada dokter Kandungan.



Menghadapi kontraksi Braxton Hicks

Jika Braxton Hicks yang Bunda alami terasa sakit sekali, bisa jadi Bunda sedang kelelahan. Cobalah mengubah posisi tubuh, seperti dari berdiri menjadi duduk, berbaring miring, atau berjalan-jalan sedikit. Banyak minum air putih untuk mencegah dehidrasi juga bisa membantu. Lakukan hal-hal yang membuat Bunda lebih rileks. Latihan pernafasan juga sangat baik untuk menghadapi datangnya kontraksi ini.


BACA JUGA :
 Penyebab nyeri perut saat hamil

atau

Mengatasi nyeri perut saat hamil 

No comments:

YANG POPULER

Powered by Blogger.