Berobat ke Puskesmas menggunakan BPJS gampang loh


Sejak dulu jujur saya sangat gak sreg untuk berobat ke yang namanya puskesmas, stigma tentang pelayanan  puskesmas tidak profesional,administrasi yang dipersulit terutama menggunakan KJS atau BPJS dan lain sebagainya.

Beberapa tetangga menyarankan saya untuk check kehamilan di puskesmas,namun sekali lagi saya terlalu berpikir buruk tentang puskesmas.sehingga selama 8 bulan ini saya selalu check ke bidan yang biayanya cukup menguras kantong.

Pada saat saya dan istri cek kehamilan pada bulan ke 8, bidan bilang bahwa posisi bayi masih sungsang dan kemungkinan harus dirujuk ke rumah sakit untuk operasi cesar saat nanti waktunya melahirkan.
saat itu saya mulai berpikir, kalau biaya operasi akan sangat besar,sementara penghasilan saya pas pasan.
akhirnya berkat bujukan tetangga,saya mengurus bpjs,setelah kartu jadi dan aktif, saya dan istri berangkat ke puskesmas untuk melakukan cek rutin.



Untuk awal perpindahan cek up memang agak sedikit ribet, karena memang salah saya juga tidak sejak awal melakukan pemeriksaan rutin di puskesmas. tapi tidak apalah, setidaknya proses migrasi tersebut tidak sulit dan dapat selesai hanya beberapa jam. saya hanya diminta untuk ke puskesmas tingkat kecamatan lalu setelah itu cek up selanjutnya sudah bisa dilakukan di puskesmas tingkat kelurahan.

Ketika saya dan istri melakukan cek kehamilan di puskesmas,semua stigma negatif yang ada dipikiran saya tentang puskesmas sirna..kami hanya diminta fotocopy KTP dan Fotocopy BPJS. lalu seperti biasa antri menunggu di panggil oleh bidan.
Pemeriksaan selesai,Alhamdulilah posisi bayi sudah memutar dan tidak perlu dibuat surat rujukan dan tidak perlu ada tindakan operasi cesar pada saat lahiran nanti. Tidak hanya itu, Seluruh biaya periksa dan obat / Vitamin Gratis kok. Sedangakan selama 8 bulan saya periksa di bidan,minimal 70 ribu rupiah harus keluar dari kantong.

Artikel ini saya buat hanya sebagai berbagi pengalaman, agar bagi orang orang yang berpikiran negatif tentang fasilitas kesehatan tingkat satu ini sekarang dapat percaya bahwa pelayanan puskesmas kini lebih baik dan profesional. Tenaga medis nya pun terlihat cukup profesional.

Berobat itu mahal kini tidak lagi menjadi momok menakutkan bagi kalangan menengah kebawah, urus BPJS mu sekarang (lihat caranya disini). Manfaatkan fasilitas dari pemerintah ini sebaik baiknya.

No comments:

YANG POPULER

Powered by Blogger.