Mengurus BPJS sendiri ternyata mudah


Sebenarnya sejak lama saya ingin membuat kartu bpjs,Mencoba daftar secara online selalu gagal input karena KK tidak terdaftar di website bpjs,mungkin karena nomor kk saya baru terdaftar. namun mendengar kabar dari sana-sini bahwa mendaftar bpjs itu ribet . bahkan banyak pula kisah dari teman-teman yang terpaksa harus kembali lagi kerumah karena merasakan proses yang ngejlimet tersebut. Belum lagi testimoni di berbagai artikel yang menceritakan tentang bobroknya pelayanan bpjs hingga ulah oknum satpam yang "bermain" dengan nomor antrian.


Dikarenakan kebetulan istri sedang hamil tua dan berharap semua biaya dapat di cover bpjs,sempat terpikir untuk mengikuti jejak teman-teman yang menggunakan jasa calo, Namun saat saya tanya kepada calo tersebut,mereka mematok tarif yang cukup menguras kantong. Rata-rata mematok tarif antara 250-300rb/KK,itupun hanya sebatas hingga keluar nomor Virtual Account (VA).
Dikarenakan keadaan keuangan saat itu yang sedang mepet, saya nekat untuk mencoba mengurus sendiri. Berbekal browsing di internet mengenai alamat kantor dan persyaratannya. saya datangin kantor cabang bpjs untuk wilayah jakarta pusat yaitu di jalan Jl. Proklamasi No. 94.


Saya berangkat pada hari kerja dan saat masih pagi, Kira kira jam setngah 8 pagi saya sudah sampai di kamtor tersebut. Suasana disana tidak terlalu ramai,diluar kantor diberi tenda dan kursi-kursi.
saya menghadap ke petugas didepan untuk menanyakan tentang formulir pendaftara. Lalu petugas memberi beberapa lembar kertas untuk saya isi, tak lupa juga diingatkan untuk menyiapkan beberapa persyaratan diantaranya:
-Fotocopy KK
-Fotocopy KTP / Tiap anggota keluarga yang ingin didaftarkan
-Fotocopy Rekening tabungan BRI/Mandiri/BNI
-Foto 3 x 4 / Anggota Keluarga
-Fotocopy Akta Nikah ( Untuk sekedar berjaga jaga)

setelah formulir saya isi,saya serahkan ke petugas pendaftaran untuk di cek ulang,lalu saya diberi nomor antrian untuk masuk ke dalam  mengantri proses pendaftaran.
Aktifitas kantor dimulai tepat jam 8.Tempat pendaftaran cukup rapih,nyaman,sejuk dan harum.sehingga tidak terlalu bete menunggu disana. hanya menunggu sebentar,nomor antrian saya dipanggil, lalu saya serahkan berkas yang tadi saya isi dan sudah di cek oleh petugas didepan. Lalu saya diminta duduk sebentar menunggu dipanggil. tak berapa lama nama saya dipanggil lagi, petugas bpjs dengan ramah memberikan saya print out nomor Virtual Account, dan menjelaskan bahwa saya harus membayar pada tanggal yang sudah ditentukan (2 minggu setelah pendaftaran). lalu nanti kembali lagi untuk cetak kartu pada 2 minggu mendatang.

Setelah penantian 2 minggu, saya akhirnya kembali ke kantor bpjs tersebut,tetapi sebelumnya saya telah membayar iuran premi melalui transfer bank dengan menggunakan VA yang tela diberikan sebelumnya.
sesampainya disana, saya mengambil nomor antrian khusus untuk Cetak Kartu. lalu saya dipersilahkan untuk menunggu didalam. Tidak berapa lama kemudian, nomor saya dipanggil, lalu saya menyerahkan Bukti struk ATM pembayaran premi bulanan. lalu saya diminta untuk menunggu hingga dipanggil.. kurang lebih 5 menit, nama saya dipanggil kembali.. Kartu BPJS saya telah selesai dan aktif.
Wah senangnya, Ternyata mengurus bpjs sendiri itu mudah dan gak sesulit yang dibayangkan. dan yang terpenting GRATISSSS!

Intinya yang terpenting, Saat anda kesana, Semua Persiapan sudah dibawa.!Proses tidak terlalu lama dan pelayanannya cukup ramah.
jadi tunggu apalagi? urus BPJS mu sekarang juga..

No comments:

YANG POPULER

Powered by Blogger.