Beberapa Pemicu Kanker Payudara dan Gejalanya

Apa itu kanker payudara? 


Kanker payudara adalah salah satu kanker yang paling umum. Sekitar satu dari sembilan wanita mengalami kanker payudara pada tahap tertentu dalam kehidupan mereka. terjadi 48.000 kasus terjadi di Inggris setiap tahun. Kebanyakan berkembang pada wanita di atas usia 50, tetapi perempuan yang lebih muda kadang-kadang terpengaruhjuga bisa terkena kanker ini.

Kanker payudara juga dapat mengembangkan pada pria, meskipun hal ini jarang terjadi. kanker payudara berkembang dari sel kanker (ganas) yang berkembang di lapisan saluran atau lobulus di salah satu payudara. Ada beberapa subtipe dari kanker payudara yang penting untuk mengetahui, sebagai pengobatan dan prospek (prognosis) bervariasi tergantung pada jenis yang tepat dari kanker. Berikut ini memberikan gambaran kasar tentang subtipe utama. spesialis Anda akan dapat memberikan rincian lebih lanjut mengenai subtipe yang tepat dari kanker payudara yang Anda miliki.


Berikut adalah Beberapa faktor resiko Pemicu Kanker Payudara:

Meskipun kanker payudara dapat terjadi tanpa alasan yang jelas, ada faktor-faktor risiko tertentu yang meningkatkan kemungkinan bahwa kanker payudara akan berkembang. Ini termasuk:
  1. Usia. Risiko mengembangkan kanker payudara kira-kira dua kali lipat untuk setiap 10 tahun. Kebanyakan kasus berkembang pada wanita di atas usia 50.
  2.  Tempat Tinggal.
    Tingkat kanker payudara bervariasi antara negara-negara.
    Hal ini mungkin mencerminkan faktor genetik atau lingkungan.
  3.  Sejarah keluarga.
    Ini berarti jika Anda memiliki kerabat dekat yang memiliki atau telah memiliki kanker payudara.
    Secara khusus, jika mereka berusia di bawah 50 ketika didiagnosis.
  4.     Jika Anda memiliki kanker payudara sebelumnya.
  5.     Menjadi anak, atau jika Anda memiliki anak pertama setelah usia 30.
  6.     Tidak memiliki anak yang bisa disusui oleh anda.
  7.     usia dini dari mulai periode.
  8.     Dada yang terkena radiasi.
  9.     Memiliki menopause di atas usia 55.
  10.     Mengambil terapi penggantian hormon gabungan terus menerus (HRT) selama beberapa tahun (pada wanita di atas 50 tahun), yang mengarah ke risiko sedikit meningkat.
  11.     alkohol berlebih.
  12.  Dada pernah terbentur

Namun Riwayat keluarga dan pengujian genetik juga bisa menjadi faktor pemicuSekitar 1 dari 20 kasus kanker payudara disebabkan oleh gen yang rusak yang dapat diwariskan. Gen BRCA1 dan BRCA2 adalah gen yang rusak yang paling umum



Gejala kanker payudara

Sebuah benjolan payudara
Biasa pertama gejala benjolan menyakitkan di payudara. Catatan: sebagian besar benjolan payudara tidak bersifat kanker (ganas). Kebanyakan benjolan payudara kista berisi cairan atau fibroadenoma (a penggumpalan jaringan kelenjar) yang non-kanker (jinak). Namun, Anda harus selalu konsultasikan ke dokter jika benjolan berkembang, seperti benjolan payudara yang mungkin kanker.


Baca Juga: Makanan sehat untuk pasien Kanker

Gejala lain dari kanker payudara

Gejala lainnya yang mungkin melihat pada payudara yang terkena meliputi:
  •      Perubahan ukuran atau bentuk payudara.
  •      Dimpling atau penebalan dari beberapa kulit pada bagian payudara.
  •      Puting berputar di (menjadi terbalik).
  •      Jarang, debit terjadi dari puting (yang mungkin berlumuran darah).
  •      Sebuah tipe yang jarang dari kanker payudara, menyebabkan ruam di sekitar puting, yang dapat terlihat mirip dengan patch kecil eksim.
  •      Jarang, nyeri pada payudara. Catatan: nyeri bukanlah gejala awal biasanya. Banyak wanita mengembangkan payudara yang menyakitkan (mastalgia) dan ini biasanya tidak disebabkan oleh kanker.
Tempat pertama bahwa kanker payudara biasanya menyebar ke adalah kelenjar limfe (getah) di ketiak (aksila). Jika hal ini terjadi, Anda dapat mengembangkan pembengkakan atau benjolan di ketiak. Jika kanker menyebar ke bagian lain dari tubuh maka berbagai gejala lainnya dapat berkembang. 



dari berbagai sumber

No comments:

YANG POPULER

Powered by Blogger.