Bell's Palsy / Belpasy Gejala dan Cara Perawatannya

Bell Palsy adalah Keadaan yang berpengaruh pada otot-otot wajah. Ini terjadi tiba-tiba, biasanya pada satu sisi wajah. penyebabnya tidak jelas, tetapi kebanyakan kasus mungkin karena infeksi virus. Kebanyakan orang membuat pemulihan penuh dalam waktu 2-3 bulan. Sebuah kursus tablet steroid dimulai dalam waktu 72 jam dari mulai itu meningkatkan kemungkinan pemulihan penuh lebih jauh.

Anda harus melindungi mata Anda jika Anda tidak dapat menutup kelopak mata Anda sepenuhnya. 

Sampai saat ini penyakit Bell's Palsy belum ada obat yang tepat, Steroid dan Anti viral mungkin banyak dipakai Namun Dengan Perawatan / Treatment yang sabar maka kesembuhan total adalah hal yang sangat memungkinkan.

Apakah Bell's Palsy itu?

Bell's Palsy / Belpasi adalah kelemahan (kelumpuhan) yang mempengaruhi otot-otot wajah. Hal ini karena masalah dengan saraf wajah. Kelemahan biasanya mempengaruhi salah satu sisi wajah. Jarang, kedua belah sisi wajah  akan terpengaruh. Banyak orang yang memiliki palsy Bell pada awalnya berpikir bahwa mereka telah mengalami stroke. Sebenarnya tidak begitu. Bell's Palsy sangat berbeda dengan stroke dan pemulihan total terjadi dalam banyak kasus. Bell's Palsy dinamakan dari dokter yang pertama kalimenemukan penyakit ini.

Anda memiliki saraf wajah (juga disebut ketujuh saraf kranial) di setiap sisi wajah Anda. Setiap saraf wajah keluar dari otak Anda, melalui sebuah terowongan kecil di tengkorak Anda hanya di bawah telinga Anda.
saraf terbagi menjadi banyak cabang yang memasok otot-otot kecil wajah yang Anda gunakan untuk tersenyum, cemberut, dll Hal ini juga memasok otot-otot yang Anda gunakan untuk menutup kelopak mata Anda.
Cabang-cabang saraf wajah juga mengambil sensasi rasa dari lidah Anda ke otak Anda.
Siapapun bisa mendapatkan palsy Bell dan itu mempengaruhi baik pria maupun wanita sama-sama. Ini paling sering terjadi antara usia 15 dan palsy 60. Bell adalah penyebab paling umum dari kelemahan wajah tiba-tiba. Sekitar 1 dari 60 orang memiliki palsy Bell ini pada tahap tertentu dalam kehidupan mereka.
Diperkirakan bahwa peradangan berkembang di sekitar saraf wajah saat melewati tengkorak dari otak. Peradangan dapat labu (kompres) saraf saat melewati tengkorak. saraf kemudian sebagian, atau seluruhnya, berhenti bekerja sampai peradangan pergi. Jika saraf berhenti bekerja, otot-otot yang saraf terhubung juga berhenti bekerja.
Penyebab peradangan ini tidak diketahui tetapi, dalam banyak kasus, itu mungkin karena infeksi virus. Ada beberapa bukti bahwa luka dingin (herpes simplex) virus atau cacar (varicella-zoster) virus menyebabkan kebanyakan kasus palsy Bell. Kebanyakan orang memiliki cacar pada beberapa tahap (biasanya sebagai anak) dan banyak orang memiliki luka dingin. virus tidak sepenuhnya pergi setelah Anda memiliki cacar atau sore dingin. Beberapa partikel virus tetap tidak aktif (dormant) di akar saraf. Mereka tidak membahayakan sana dan tidak menimbulkan gejala. Untuk alasan yang tidak jelas, virus dapat mulai berkembang biak lagi (re-mengaktifkan). Hal ini sering berbulan-bulan atau bertahun-tahun kemudian. Dalam beberapa kasus, 'diaktifkan kembali' virus diduga menyebabkan peradangan di sekitar saraf wajah menyebabkan palsy Bell. Hal ini lebih umum pada orang dengan diabetes dan juga pada wanita yang sedang hamil.
  • Kelemahan wajah, yang biasanya satu sisi. Kelemahan biasanya berkembang dengan cepat, selama beberapa jam atau lebih. Anda pertama mungkin melihat kelemahan setelah bangun di pagi hari dan sehingga mungkin muncul cukup dramatis. Mungkin secara bertahap menjadi lebih buruk selama beberapa hari. Efek dari kelemahan bervariasi, tergantung pada apakah saraf sebagian atau sepenuhnya terpengaruh. Ini meliputi:
    • wajah Anda dapat terkulai ke satu sisi. Ketika Anda tersenyum, hanya setengah dari wajah Anda dapat bergerak.
    • Mengunyah makanan di sisi yang terkena mungkin menjadi masalah. Makanan bisa menjadi terperangkap antara gusi dan pipi. Minuman dan air liur dapat melarikan diri dari sisi mulut Anda.
    • Anda mungkin tidak dapat menutup mata. Hal ini dapat menyebabkan mata berair atau kering.
    • Anda mungkin tidak dapat mengerutkan dahi, bersiul atau meniup pipi Anda.
    • Anda mungkin memiliki beberapa kesulitan dengan pidato, seperti otot-otot di sisi wajah membantu dalam membentuk beberapa kata. Misalnya, kata-kata yang dimulai dengan P.
  • Kebanyakan kasus yang menyakitkan atau menyebabkan hanya sakit ringan. Namun, beberapa orang mengembangkan rasa sakit di dekat telinga yang dapat berlangsung selama beberapa hari.
  • suara keras mungkin tidak nyaman dan suara tidak normal mungkin terdengar lebih keras dari biasanya. Hal ini karena otot kecil di telinga mungkin berhenti bekerja.
  • Anda mungkin kehilangan rasa rasa pada sisi lidah yang dipengaruhi.
Tidak. palsy Bell adalah masalah lokal terbatas pada saraf wajah dan otot-otot wajah. Jika Anda memiliki gejala lain, seperti kelemahan atau mati rasa di bagian lain dari tubuh Anda, akan ada penyebab lain dan Anda harus memberitahu dokter Anda.


Seperti disebutkan, ada kesempatan baik pemulihan penuh tanpa pengobatan apapun. Namun, pengobatan dengan obat-obatan biasanya disarankan untuk meningkatkan kesempatan pemulihan penuh bahkan lebih. Juga, Anda perlu untuk melindungi mata Anda jika kelopak mata Anda bisa tidak dekat (lihat di bawah).

Tablet steroid

Sebuah kursus dari tablet steroid biasanya diresepkan selama sekitar 10 hari. Steroid tablet paling umum digunakan disebut prednisolon . Steroid membantu mengurangi peradangan, yang mungkin merupakan alasan mereka membantu. Efek samping yang serius dari kursus singkat steroid sangat tidak mungkin terjadi. (Utama efek samping dari steroid terjadi jika Anda harus membawa mereka jangka panjang -. Yang tidak terjadi untuk kondisi ini)
Kira-kira, dari penelitian, tampaknya bahwa jika Anda tidak mengambil steroid Anda memiliki sekitar 15 di 20 kesempatan pemulihan penuh fungsi saraf. Tapi, jika Anda mengambil obat steroid, Anda memiliki sekitar 17 di 20 kesempatan pemulihan penuh. Jadi, mengambil kursus steroid tidak menjamin pemulihan penuh dari fungsi saraf. Namun, hal itu meningkatkan kemungkinan pemulihan penuh dibandingkan dengan tidak ada perawatan. Anda harus mulai kursus steroid sesegera mungkin setelah timbulnya gejala; idealnya, dalam waktu 72 jam dari gejala awal. Mereka mungkin tidak banyak berpengaruh jika mereka diambil setelah ini.


Obat antivirus

Seperti kebanyakan kasus palsy Bell mungkin karena infeksi virus, tampaknya logis bahwa obat-obatan antivirus dapat membantu. Beberapa obat-obatan dapat menghentikan cacar dan dingin sakit virus berkembang biak. Ada kemungkinan bahwa mengambil kursus steroid ditambah kursus obat antivirus dapat bekerja sedikit lebih baik daripada mengambil kursus steroid saja. Namun, uji coba penelitian memberikan hasil yang bertentangan tentang hal ini. Jika ada manfaat dari kombinasi ini, cenderung kecil.

Pelindung mata

Jika Anda tidak dapat menutup kelopak mata Anda sepenuhnya, bagian depan mata Anda berisiko menjadi rusak. Juga, kelenjar air mata Anda mungkin tidak bekerja dengan baik untuk sementara waktu dan mata Anda bisa menjadi kering. Kekeringan dapat menyebabkan kerusakan, sehingga pengobatan diperlukan untuk menjaga mata tetap lembab.
Oleh karena itu, dokter mungkin menyarankan satu atau lebih hal berikut sampai kelopak mata dan produksi air mata pulih:
  • Sebuah pad mata atau kacamata untuk melindungi mata.
  • Tetes mata untuk melumasi mata siang hari.
  • salep mata untuk melumasi mata semalam.
  • Pilihan untuk merekam tutup atas dan bawah bersama-sama ketika Anda tidur. prosedur lain kadang-kadang dilakukan untuk tetap menutup mata sampai kelopak mata sembuh.

Jika kelemahan wajah tidak sembuh

Untuk jumlah kecil orang di mana kelemahan wajah tidak sembuh sepenuhnya dan tetap sedap dipandang, beberapa teknik dapat dipertimbangkan. Sebagai contoh:
  • fisioterapi; pengobatan yang disebut 'pelatihan kembali wajah' dengan latihan wajah dapat membantu.
  • Suntikan botulinum toksin (Botox) dapat membantu jika kejang berkembang di otot-otot wajah.
  • Berbagai teknik bedah yang dapat membantu dengan penampilan kosmetik.
Dalam kebanyakan kasus, Belpasi adalah 'mati sebelah wajah'. Sekitar 1 dari 14 orang yang memiliki palsy Bell dapat memiliki episode lebih lanjut suatu saat nanti, sering beberapa tahun sesudahnya. Ini mungkin lebih cenderung jika Anda memiliki kerabat dekat yang juga memiliki Bell's Palsy



INCOMING SEARCH:
bellpasi
belpasy
bell's Palsy
obat bell's Palsy
mengatasi belpasy
perawatan belpasy



Sumber: patient.info 

No comments:

YANG POPULER

Powered by Blogger.