Makanan sehat untuk pasien Kanker

Makanan sehat untuk pasien Kanker baik itu kanker Payudara (Ca Mamae),Kanker Serviks (Ca Cerv) dan sebagainya adalah hal yang sangat penting dalam perawatan pasien kanker.
Artikel berikut saya tulis berdasarkan pengalaman saya dalam merawat ibu saya yang menderita 2 jenis kanker sekaligus yaitu kanker payudara dan kanker serviks.
Rumah sakit kanker Dharmais dijakarta sudah seperti rumah saya sendiri selama saya mengurus dan menjaga ibu saya yang meninggal sekitar tahun 2013 silam dikarenakan komplikasi di Ginjalnya.
Untuk perawatan Kankernya sendiri sebenarnya sudah cukup maksimal dan menunjukan titik terang,setidaknya telah memperpanjang umur beliau, Namun komplikasi di kerusakan ginjalnya yang diakibatkan oleh jamu jamuan membuatnya tidak bisa berthan lebih lama lagi.
Untuk itu saya mencoba membagi info mengenai Makanan sehat yang sebaiknya diberikan kepada pasien kanker. Informasi ini saya dapat dari Seminar seminar cancer yang pernah saya ikuti dan juga saling berbagi pengalaman oleh pasien kanker selama saya di RS Dharmais.

Sel Kanker sebenarnya dimiliki oleh semua orang khususnya yang hidup di kota besar dan yang menjalani pola hidup tidak sehat.Hanya saja pemicunya sangat bermacam macam.

Baca Juga: 
Bahaya KB Hormonal dan sudut Pandang Islam

Beberapa Pemicu Kanker Payudara dan Gejalanya

Ada seorang pasien kanker yang saat pertama kali saya bertemu dengan dia,kondisinya sangat lemah dan pucat sekali.Dalam batin saya,Sepertinya beliau tidak akan bertahan lama lagi.Namun alangkah terkejutnya saya ketika kembali bertemu beberapa bulan kemudian di RS tersebut, Kondisinya sangat segar dan menunjukan harapan untuk pulih.
Saya kemudian bertanya dengan suaminya yang sejak awal begitu setia merawat istrinya tersebut.Tentang bagaimana cara merawatnya dan pola makan yang bagaimana sehingga bisa membuatnya menjadi segar dan tidak seperti saat saya lihat waktu itu.
Beliau pun berbagi dengan saya tentang beberapa hal, Memang merawat pasien kanker itu tidak mudah.Terutama dalam memaksa untuk makan makanan yang sehat.
Banyak anggapan bahwa pasien kanker dipersilahkan untuk makan apa saja,Namun bagi saya itu adalah pola yang tidak benar.  


Berikut adalah Makanan sehat untuk pasien Kanker yang menurut saya baik dan sehat dari berbagai sumber selama saya di RS Dharmais Jakarta.

Kacang Kacangan yang direbus
Kacang kacangan disini diantaranya adalah kacang merah,Kacang kedelai atau sejenis kacang bogor.
Kacang kacangan kaya akan protein,Usahakan pasien kanker memakannya saat sarapan dan saat sambil ngemil.Mungkin sebagian besar pasien malas atau tidak nafsu untuk makan makanan seperti itu,Namun harus dibiasakan dan sedikit dipaksakan.

Sayuran / Buah yang Pahit
Sel kanker hidup dan berkembang karena kita secara tidak sadar telah memeliharanya dengan memberi makanan. Terutama makanan yang manis manis. Sel kanker tidak suka dengan makanan apapun yang pahit. Diharapkan apabila sel kanker tidak mendapatkan makanan yang disukainya, maka sel tersebut perlahan akan mati dan dapat disingkirkan oleh sel sel baik dalam tubuh.
Sayuran atau buah buahan pait diantaranya: Daun pepaya,Pare dan Petai
Seorang dokter Ahli Onkologi ibu saya selalu menyarankan kepada Almh Ibu saya untuk memakan petai.

Jus Buah Bit
Buah bit sangat berguna untuk menambah sel darah,Apabila pasien kanker yang sedang menjalani program Radiotherapy (sinar) ataupun Kemotherapy, Tentu setiap minggunya harus memenuhi syarat Haemoglobin (Hb) diatas 11.Dari pengalaman saya, Buah Bit ini jika diminum secara rutin lumayan cepat menaikan HB darah.
Rasanya yang langu biasanya membuat pasien tidak suka dengan buah ini. Silahkan di modifikasi dengan dicampur buah naga,Jeruk atau apapun untuk mengurangi aroma asli dari buah bit ini.

Jus Kulit Manggis
Kulit manggis dipercaya memiliki zat yang dapat membunuh sel kanker.Saat ini sudah banyak yang menjual sari kuli manggis ini dipasaran dan rasanya juga sudah cukup enak.
Gandum
Gandum atau Oat adalah salah satu pengganti nasi yang kadar gulanya rendah.Ini bisa dijadikan selingan pengganti nasi bagi pasien kanker.


Pisang
Pisang memiliki kandungan gizi yang cukup banyak,diantaranya: Kalsium, Kalium (potasium), Karbohidrat,Vitamin C , Vitamin B6 dan Vitamin lain yang sangat bermanfaat .Pisang dapat memberi energi tambahan bagi penderita kanker.

Pepaya
Seperti yang sudah kita ketahui, Pasien kanker sudah pasti benyak meminum obat setiap harinya,dan itu pasti akan mempengaruhi proses pencernaan si pasien seperti konstipasi atau susah buang air besar.Pepaya sangat dibutuhkan agar proses buang air besar dapat lancarsehingga saluran pencernaan selalu bersih.
Masih banyak lagi sayuran sayuran yang bermanfaat bagi pasien kanker seperti Bayam,brokoli dan lain sebagainya.
Merawat pasien kanker bukanlah hal yang mudah dan memang membutuhkan kesabaran dan ke telatenan.Jangan pernah menunjukan sikap kesal ataupun marah apabila mereka sulit untuk menuruti diet yang kita sarankan. Mereka adalah manusia manusia hebat yang sedang berjuang melawan sakitnya,Sakit demam saja tentu kita sudah kehilangan nafsu makan,apalagi sakit yang bisa dibilang cukup berat ini.
Jangan pernah menyerah, lakukan modiifikasi apapun agar zat zat sehat tersebut masuk ketubuh si pasien, Rawat mereka dengan ketulusan dan kasih sayang.Selalu berikan mereka semangat dan energi positif.Karena kekuatan dan kasih sayang itulah yang menimbulkan sugesti dari diri si pasien untuk tetap bertahan dan berjuang melawan penyakitnya.(Arm/JC)

No comments:

YANG POPULER

Powered by Blogger.