Bolehkah bayi diberi Air Putih?

Banyak Mama yang bingung apakah bayi masih membutuhkan air putih ya? Apakah bayi tidak akan dehidrasi jika tidak diberi air? Menurut American Academy of Pediatrics, bayi memang selayaknya hanya mengonsumsi ASI selama 6 bulan pertama kehidupan. Ada beberapa alasan mengapa bayi tidak membutuhkan air putihh.Tidak hanya makanan padat, air juga sebaiknya tidak diberikan sebelum menginjak usia 6 bulan.
Menurut para ahli, Mama harus memilih jenis air yang diberikan kepada bayi. Jika hanya sebatas air putih mungkin tak masalah dalam jumlah kecil. Namun, Mama harus memilih jenis air seperti jus atau air gula. Jangan asal berikan jenis air lainnya sebab belum cocok dengan sistem pencernaannya. ASI mengandung air pula yang dapat menjaga bayi tetap terhidrasi.

Percaya atau tidak percaya, secara tekni ASI merupakan paket lengkap semua yang dibutuhkan oleh anak. Jadi, hanya dengan minum ASI si kecil mendapatkan seluruh asupan nutrisi yang ia butuhkan. Jangan terburu-buru mengenalkan makanan padat atau jenis air lainnya dengan alasan untuk memenuhi asupan makanannya.

Memberikan air sebelum usia 6 bulan ternyata memberikan dampak buruk lo, Mam. Kelebihan air dalam perut dapat menyebabkan bayi kehilangan nutrisi penting dari menyusui. Selain itu, bayi akan terasa lebih kenyang karena posisi ASI tergantikan dengan jumlah air yang masuk. Padahal,nutrisi dari air sama sekali berbeda dengan ASI.
Alasan lain adalah kandungan mikroorganisme, mineral dan zat lainnya yang tidak sesuai dengan sistem pencernaan bayi. Zat-zat serta bakteri yang tidak sesuai dapat menganggu metabolisme. Pemberian kandungan yang berlebihan bahkan dapat menyebabkan ketidakseimbangan elektrolit dan dapat mengancam kesehatan bayi.


INCOMING SEARCH:
Bolehkah bayi diberi Air Putih
bolehkah bayi minum air putih
air putih untuk bayi
bayi minum air putih
bahaya air putih untuk bayi

sumber:tabloid-nakita. com

No comments:

YANG POPULER

Powered by Blogger.