Misteri kehidupan dan makhluk di bumi sebelum Nabi Adam

Dalam surah Al Baqarah, dikisahkan Malaikat bertanya kepada Allah Swt, “Apakah Engkau akan menjadikan (khalifah) di bumi itu orang yang akan membuat kerusakan di dalamnya dan menumpahkan darah”

Pernahkan Kita berfikir tentang Makhluk yang mendiami bumi sebelum Nabi Adam (AS) di ciptakan Allah SWT ? Makhluk yang dikatakan malaikat merusak muka bumi?
Ada beberapa kisah mengenai makhluk makhluk yang mendiami bumi diantaranya Abal Jan, Banul Jan, Bangsa Bin/Ban, Azazil, dan Bangsa Nisnas. Lalu, siapakah mereka itu?




Abal Jan dan Banul Jan,Azazil,Bangsa Nisnas
Abal Jan adalah generasi pertama penghuni bumi. Namun, ada juga yang menyebutkan bahwa mereka adalah generasi kedua setelah generasi pertama dimusnahkan.
Sedangkan Banul Jan merupakan keturunan dari Abal Jan. Kata banul berati anak atau keturunan, dan kata abal yang sepadan dengan kata abu berarti bapak.

Selanjutnya adalah bangsa Bin/Ban yang diartikan oleh beberapa sumber yaitu sebagai bangsa dedemit.
Lalu Azazil; merupakan nama kehormatan untuk iblis sebelum dilaknat oleh Allah karena kesombongannya.

Dan yang terakhir yaitu bangsa Nisnas yaitu manusia setengah hewan. Ada yang memiliki sayap, bertubuh kuda, memiliki ekor seperti ikan, dan sebagainya.

Baik Abal Jan, Banul Jan, Bin/Ban, dan Azazil merupakan bangsa jin yang diciptakan oleh Allah dari api. Sedangkan bangsa Nisnas digambarkan sebagai "bangsa lain"

Kehidupan di Bumi Sebelum Nabi Adam diciptakan dan Diturunkan ke Bumi

Ada beberapa versi yang mengisahkan makhluk-makhluk pengelola bumi ini. Versi yang pertama menjelaskan bahwa Abal Jan merupakan generasi pertama penghuni bumi dan merupakan nenek moyang bangsa jin termasuk Banul Jan dan Azazil.
Setelah Abal Jan diciptakan dan diturunkan ke bumi dari surga pengangkatan makhluk maka ia pun telah resmi menjadi pengelola bumi. Bersama pasangannya Abal Jan menghasilkan banyak sekali keturunan. Nah, keturunan Abal Jan inilah yang disebut Banul Jan. Waktu terus berjalan hingga bumi pun telah sesak dihuni oleh Banul Jan.


Maka, seperti umat manusia saat ini yang membentuk kerajaan atau negara, Abal Jan pun membentuk beberapa kerajaan. Disebutkan di dalam versi ini bahwa ada delapan kerajaan yang memenuhi bumi, lautan, perut bumi, hingga di atas atmosfer bumi.

Kerajaan-kerajaan itu sangat besar dan antara satu kerajaan dengan kerajaan lain sering terjadi peperangan. Sehingga mereka saling menumpahkan darah. Namun pertumpahan darah ini bisa dimaknai secara kiasan karena mengingat Banul Jan merupakan bangsa jin.
Sementara itu Azazil baru lahir atau diciptakan Tuhan saat generasi keempat kenabian Banul Jan. Ya, mereka juga memiliki Nabi seperti umat manusia saat ini. Namun, Azazil tidak berada di bumi; yaitu sesuai dengan permintaan Abal Jan yang memohon kepada Tuhan agar Azazil ditempatkan di surga pengangkatan makhluk

illustrasi Azazzil

Azazil (kelak dikutuk Allah dan menjadi Iblis) adalah makhluk yang paling giat ibadahnya kepada Tuhan sehingga ia memiliki ilmu yang sangat tinggi. Tak ada yang mampu mengalahkan peribadatan si Azazil saat itu.


Setelah bumi nyaris hancur karena ulah Banul Jan, maka Tuhan pun memerintahkan Azazil untuk memimpin para malaikat membantai para perusak bumi itu. Para pembesar Banul Jan diburu hingga ke seluruh penjuru dunia. Dan tinggallah segelintir golongan jin atau Banul Jan yang lemah yang hingga kini hidup berdampingan dengan kita.


Setelah itu tidak ada yang dipercayai sebagai pengelola bumi. Maka Allah pun menciptakan manusia pertama yang dinamakan Adam. Di surga pengangkatan makhluk seluruh malaikat disuruh oleh Allah untuk sujud hormat kepada Nabi Adam. Semua penghuni surga pun sujud kecuali Azazil.

“Lalu Allah berfirman: "Apakah yang menghalangimu untuk bersujud (kepada Adam) di waktu Aku menyuruhmu?" Azazil pun menjawab "Karena saya lebih baik daripadanya: Engkau ciptakan saya dari api sedangkan dia Engkau ciptakan dari tanah." “ Al-Quran Surat Al-A’raf ayat 12.

Illustrasi Azazil yang berubah menjadi Iblis

Setelah itu nama Azazil tidak disebut lagi dan ia dipanggil “iblis” atau makhluk yang terkutuk karena kesombongannya. Lalu Allah mengusir iblis dari surga ke bumi. Sesampainya di bumi iblis pun segera membangun kerajaan dan memimpin bangsa jin yang masih tersisa dari pembantaian yang ia lakukan dahulu.

Selanjutnya Kisah Bangsa Nisnas  >>


Note:Artikel ini dibuat BUKAN untuk menggiring keimanan seseorang ataupun menyebarkan Hoax. Artikel ini didapat dari berbagai sumber dan belum bisa dibuktikan kebenarannya.
Wallahua'lam..karena kebenaran hanyalah milik Allah azza wa jaala, Keluasan dan Kedewasaan berfikir diperlukan untuk ini, Anda bisa mempercayai ataupun Tidak percaya dengan artikel ini



No comments:

YANG POPULER

Powered by Blogger.